PANCASILA
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratn/perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
TRISATYA
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
- Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila
- Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat
- Menepati Dasadarma
DASA DARMA PRAMUKA
1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
3. Patriot yang sopan dan kesatria
4. Patuh dan suka bermusyawarah
5. Rela menolong dan tabah
6. Rajin terampil dan gembira.
7. Hemat cermat dan bersahaja
8. Disiplin, berani dan setia
9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya
10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan
1. Islam
- Dapat menjelaskan makna Rukun Iman, Rukun Islam, dan Ihsan serta memberikan contohnya dalam bentuk tulisan
- Dapat menjama' dan mengqashar sholat serta mampu menjadi Imam dalam Sholat berjamaah
- Mampu mengajak teman - teman untuk melaksanakan puasa sunah
- Dapat merawat jenazah
- Dapat menjelaskan perbedaan zakat fitrah dan zakat mal serta dapat menghitung nisab zakat mal
- Dapat menafsirkan ayat alquran dan hadist secara tematik serta dapat menjelaskannya.
1.Khatolik
- Dapat menyebut dan menghayati 5 (lima) pondasi hidup gereja: bersekutu, beribadah, mendalami iman, saling melayani, dan bersaksi
- Dapat menjelaskan dan mendeskripsikan hierarki Gereja dalam bentuk tulisan.
1. Protestan
- Dapat menyanyikan minimal 6 lagu Gerejani dan memimpin nyanyian Gerejani
- Dapat memimpin doa dalam pertemuan satuannya
- Dapat memimpin suatu kelompok dalam mempelajari AlKitab
- Dapat membantu seorang calon Siaga atau calon Penggalang sampai memenuhi SKU untuk Pramuka golongan Siaga tingkat Siaga Mula atau golongan Penggalang tingkat Penggalang Ramu di bidang pendidikan agama Protestan.
1. Hindu
- Dapat menjelaskan sejarah perkembangan Agama Hindu di dunia
- Dapat menjelaskan korelasi konsep kepemimpinan Hindu dengan kepemimpinan moderen dalam bentuk tulisan
- Dapat menjelaskan fungsi Dharma Gita sebagai bentuk pemantapan Sradha dan Bhakti Umat dalam bentuk tulisan.
- Berperan aktif dalam upaya pengembangan Dharma Gita di Masyarakat.
- Berperan aktif dalam upaya pengembangan ajaran yoga menuju masyarakat sehat secara physik maupun mental.
- Mampu menjelaskan konsep Catur Asrama dalam bentuk tulisan.
- Aktif di masyarakat dalam pelaksanaan Meditasi.
- Berperan aktif dalam upaya peningkatan pengetahuan keagamaan Hindu di tingkat Siaga dan Penggalang (konsep Brahmacaria)
1. Buddha
- Menyebutkan bagian-bagian dari kitab suci Tripitaka Bagian Sutta dan Abhidhamma Pitaka.
- Dapat menjelaskan pengertian sila dan manfaat melaksanakan sila
- Mempraktikkan latihan Athasila setiap hari Uposatha
- Melatih meditasi Vippasana pagi dan sore.
2. Dapat memimpin dan mengorganisir kebaktian (pagi dan sore) serta perayaan hari-hari besar Agama Buddha;
3. Dapat membimbing cara membaca/melafalkan paritta-paritta suci kepada Pramuka Penggalang sampai mencapai Penggalang Ramu.
4. Berani mengajukan saran dan kritik untuk membangun desanya kepada aparat pemerintah setempat.
5. Dapat mengikuti dan atau memimpin diskusi Racana dan mampu mengambil keputusan.
6. Dapat mengatasi suatu permasalahan/perselisihan yang terjadi dalam masyarakat dengan bijak.
7. Mengikuti pertemuan di Racana sekurang-kurangnya3 kali setiap bulan.
8. Setia membayar iuran kepada Gugusdepannya, dengan uang yang seluruhnya atau sebagian diperolehnya dari usaha sendiri, serta membantu Racana dan Gugusdepan dalam mengelola administrasi keuangan.
9. Dapat membuat tulisan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik serta dapat memaparkannya di depan pertemuan.
10. Mampu membuat perencanaan kegiatan ditingkat Racana
11. Dapat merencanakan dan memimpin kerja bakti sesuai keperluan masyarakat serta menguasai management Penanggulangan Becana berbasis masyarakat.
12. Telah memahami makna upacara adat di masyarakatnya dan ikut berperan aktif
13. Memahami Undang-undang Gerakan Pramuka dan dapat menjelaskan isi AD & ART Gerakan Pramuka dalam bentuk tulisan.
14. Dapat menjelaskan tentang sejarah kepramukaan Indonesia dan dunia dalam bentuk tulisan
15. Dapat menjelaskan tentang penggunaaan jam, kompas, tanda jejak dan tanda-tanda alam serta tata cara pengembaran kepada regu atau sangga
16. Dapat menjelaskan peran pemuda dalam mengisi kemerdekaan dengan bentuk tulisan, mampu menganalisis dan menulis simbol-simbol nasionalisme Indonesia (NKRI, Lambang Negara, lagu wajib Nasional) sesuai UU No. 24 tahun 2009
17. Mampu menjelaskan fungsi dan peran Indonesia dalam organisasi ASEAN dan PBB dalam bentuk tulisan
18. Dapat membuat proposal usaha mandiri dengan baik dan dapat melakukan kegiatan wirausaha.
19. Dapat menciptakan mengembangkan peralatan teknologi tepat guna.
20. Dapat memberikan penjelasan tentang tali temali dan pionering kepada Pramuka Penggalang/ Penegak
21. Sudah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Dasar
22. Mampu mengajarkan olahraga renang gaya bebas kepada orang lain dan menguasai 2 (dua) cabang olahraga salah satunya cabang olahraga beladiri serta dapat menjadi instruktur Senam Pramuka/Senam Kebugaran Jasmani (SKJ)
23. Dapat membahas dan menganalisis tentang kesehatan Reproduksi
24. Dapat menjadi Perwira Upacara dan Instruktur Baris Berbaris
25. Mampu melakukan penyuluhan tentang penyebab dan cara pencegahan penyakit infeksi, degeneratif dan penyakit yang disebabkan perilaku tidak sehat serta dapat melaksanakan PPGD.
26. Melakukan perencanaan dan pengelolaaan perkemahan dan atau pengembaraan 3 hari berturut – turut.
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratn/perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
TRISATYA
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
- Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila
- Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat
- Menepati Dasadarma
DASA DARMA PRAMUKA
1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
3. Patriot yang sopan dan kesatria
4. Patuh dan suka bermusyawarah
5. Rela menolong dan tabah
6. Rajin terampil dan gembira.
7. Hemat cermat dan bersahaja
8. Disiplin, berani dan setia
9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya
10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan
1. Islam
- Dapat menjelaskan makna Rukun Iman, Rukun Islam, dan Ihsan serta memberikan contohnya dalam bentuk tulisan
- Dapat menjama' dan mengqashar sholat serta mampu menjadi Imam dalam Sholat berjamaah
- Mampu mengajak teman - teman untuk melaksanakan puasa sunah
- Dapat merawat jenazah
- Dapat menjelaskan perbedaan zakat fitrah dan zakat mal serta dapat menghitung nisab zakat mal
- Dapat menafsirkan ayat alquran dan hadist secara tematik serta dapat menjelaskannya.
1.Khatolik
- Dapat menyebut dan menghayati 5 (lima) pondasi hidup gereja: bersekutu, beribadah, mendalami iman, saling melayani, dan bersaksi
- Dapat menjelaskan dan mendeskripsikan hierarki Gereja dalam bentuk tulisan.
1. Protestan
- Dapat menyanyikan minimal 6 lagu Gerejani dan memimpin nyanyian Gerejani
- Dapat memimpin doa dalam pertemuan satuannya
- Dapat memimpin suatu kelompok dalam mempelajari AlKitab
- Dapat membantu seorang calon Siaga atau calon Penggalang sampai memenuhi SKU untuk Pramuka golongan Siaga tingkat Siaga Mula atau golongan Penggalang tingkat Penggalang Ramu di bidang pendidikan agama Protestan.
1. Hindu
- Dapat menjelaskan sejarah perkembangan Agama Hindu di dunia
- Dapat menjelaskan korelasi konsep kepemimpinan Hindu dengan kepemimpinan moderen dalam bentuk tulisan
- Dapat menjelaskan fungsi Dharma Gita sebagai bentuk pemantapan Sradha dan Bhakti Umat dalam bentuk tulisan.
- Berperan aktif dalam upaya pengembangan Dharma Gita di Masyarakat.
- Berperan aktif dalam upaya pengembangan ajaran yoga menuju masyarakat sehat secara physik maupun mental.
- Mampu menjelaskan konsep Catur Asrama dalam bentuk tulisan.
- Aktif di masyarakat dalam pelaksanaan Meditasi.
- Berperan aktif dalam upaya peningkatan pengetahuan keagamaan Hindu di tingkat Siaga dan Penggalang (konsep Brahmacaria)
1. Buddha
- Menyebutkan bagian-bagian dari kitab suci Tripitaka Bagian Sutta dan Abhidhamma Pitaka.
- Dapat menjelaskan pengertian sila dan manfaat melaksanakan sila
- Mempraktikkan latihan Athasila setiap hari Uposatha
- Melatih meditasi Vippasana pagi dan sore.
2. Dapat memimpin dan mengorganisir kebaktian (pagi dan sore) serta perayaan hari-hari besar Agama Buddha;
3. Dapat membimbing cara membaca/melafalkan paritta-paritta suci kepada Pramuka Penggalang sampai mencapai Penggalang Ramu.
4. Berani mengajukan saran dan kritik untuk membangun desanya kepada aparat pemerintah setempat.
5. Dapat mengikuti dan atau memimpin diskusi Racana dan mampu mengambil keputusan.
6. Dapat mengatasi suatu permasalahan/perselisihan yang terjadi dalam masyarakat dengan bijak.
7. Mengikuti pertemuan di Racana sekurang-kurangnya3 kali setiap bulan.
8. Setia membayar iuran kepada Gugusdepannya, dengan uang yang seluruhnya atau sebagian diperolehnya dari usaha sendiri, serta membantu Racana dan Gugusdepan dalam mengelola administrasi keuangan.
9. Dapat membuat tulisan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik serta dapat memaparkannya di depan pertemuan.
10. Mampu membuat perencanaan kegiatan ditingkat Racana
11. Dapat merencanakan dan memimpin kerja bakti sesuai keperluan masyarakat serta menguasai management Penanggulangan Becana berbasis masyarakat.
12. Telah memahami makna upacara adat di masyarakatnya dan ikut berperan aktif
13. Memahami Undang-undang Gerakan Pramuka dan dapat menjelaskan isi AD & ART Gerakan Pramuka dalam bentuk tulisan.
14. Dapat menjelaskan tentang sejarah kepramukaan Indonesia dan dunia dalam bentuk tulisan
15. Dapat menjelaskan tentang penggunaaan jam, kompas, tanda jejak dan tanda-tanda alam serta tata cara pengembaran kepada regu atau sangga
16. Dapat menjelaskan peran pemuda dalam mengisi kemerdekaan dengan bentuk tulisan, mampu menganalisis dan menulis simbol-simbol nasionalisme Indonesia (NKRI, Lambang Negara, lagu wajib Nasional) sesuai UU No. 24 tahun 2009
17. Mampu menjelaskan fungsi dan peran Indonesia dalam organisasi ASEAN dan PBB dalam bentuk tulisan
18. Dapat membuat proposal usaha mandiri dengan baik dan dapat melakukan kegiatan wirausaha.
19. Dapat menciptakan mengembangkan peralatan teknologi tepat guna.
20. Dapat memberikan penjelasan tentang tali temali dan pionering kepada Pramuka Penggalang/ Penegak
21. Sudah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Dasar
22. Mampu mengajarkan olahraga renang gaya bebas kepada orang lain dan menguasai 2 (dua) cabang olahraga salah satunya cabang olahraga beladiri serta dapat menjadi instruktur Senam Pramuka/Senam Kebugaran Jasmani (SKJ)
23. Dapat membahas dan menganalisis tentang kesehatan Reproduksi
24. Dapat menjadi Perwira Upacara dan Instruktur Baris Berbaris
25. Mampu melakukan penyuluhan tentang penyebab dan cara pencegahan penyakit infeksi, degeneratif dan penyakit yang disebabkan perilaku tidak sehat serta dapat melaksanakan PPGD.
26. Melakukan perencanaan dan pengelolaaan perkemahan dan atau pengembaraan 3 hari berturut – turut.
0 komentar:
Posting Komentar