.....:::: SELAMAT DATANG DI EKSKUL PRAMUKA SMK MA'ARIF NU 1 PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR ::::.....

Jambore Dunia ke-22 memperkenalkan Angkung dan Batik oleh Pramuka Pelajar Indonesia

Jambore merupakan istilah untuk Pertemuan Pramuka Penggalang yang biasanya dilaksanakan dalam bentuk perkemahan besar. Kegiatan ini dapat diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka dari tingkat yang paling ranting sampai tingkat nasional bahkan didunia. Untuk penyelenggaraan tingkat dunia dikenal dengan Jambore Dunia (World Scout Jamboree). Jambore di dunia berkembang ketika diselenggarakan pada tahun 1920 di Inggris. Mulai dari itu sampai sekarang telah terselenggara 22 kali Jambore Dunia.

Jambore dunia yang ke-22 baru-baru ini terselenggara di Kristianstad, Swedia. Kegiatan ini telah berlangsung dari 27 Juli - 7 Agustus 2011 dan diikuti oleh sekitar 40.000 peserta  dari 160 negara di dunia. Tema acara jambore dunia tahun ini adalah 'Simple Scouting. Dalam konsep ini, terdapat tiga konsep kunci untuk jambore pramuka dunia yaitu perjumpaan, alam dan solidaritas.

Kontingen Pramuka Indonesia adalah sebanyak 192 orang di antaranya merupakan pelajar yang menjadi anggota pramuka penggalang dan penegak. Mereka adalah pramuka yang rata-rata masih berusia 14-18 tahun. Sebelum bertolak ke Swedia, mereka mendapatkan pemantapan selama dua hari di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur. Kementrian Pemuda dan Olah Raga membiayai 2 peserta dari setiap kwartir daerah pramuka. Sementara biaya peserta lainnya secara patungan antara dana pemerintah daerah, kwartir, gugus depan dan orang tua.

Dalam kegiatan tersebut angklung dan batik kembali diperkenalkan kepada dunia. Kali ini, yang memperkenalkan adalah adik-adik Pramuka Penggalang dan Penegak. Kalau di Jambore Kepramukaan Sedunia ke-21, para peserta juga diajak belajar mengenal wayang, maka kali ini, para peserta diajak mengenal batik dan proses membatik. Jadilah, angklung dan batik yang sudah diakui sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia, menjadi salah satu daya tarik penampilan di tenda kontingen Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by ISNAM SMK Ma'arif NU 1 Purbolinggo | Bloggerized by ISNAM - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews